by

Bukan Hanya Sekedar Mainan, Mainan Lego Ternyata Sangat Bermanfaat Bagi Anak-Anak

Mainan lego – Bermain selain untuk menghibur anak-anak ternyata juga bisa mengembangkan kecerdasan serta kreativitas mereka, begitu pula dengan bermain Lego. Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak ketika memainkan Lego. Lego dapat menjadi pilihan sebagai mainan yang edukatif untuk anak-anak. Hal itu disebabkan karena saat anak bermain Lego maka mereka dituntut untuk berpikir bagaimana membuat atau membentuk sesuatu yang mereka inginkan. 

Sebab itulah, melalui Lego stimulasi anak akan semakin terlatih dan mendorong anak untuk tumbuh cerdas. Selain itu, Lego juga menjadi salah satu mainan yang bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Berikut ini merupakan manfaat dari bermain Lego bagi anak-anak yang dilansir dari situs The Scots College:

1. Dapat melatih keterampilan motorik halus anak

Melatih keterampilan motorik halus anak saat bermain Lego yaitu ketika mereka menghubungkan potongan-potongan Lego dengan berbagai bentuk dan juga ukuran. Hal tersebut membutuhkan jumlah tekanan yang berbeda guna menyatukan potongan-potongan Lego tersebut. Oleh sebab itulah permainan Lego bisa menjadi sarana latihan yang bagus untuk jadi jadi kecil anak. Dengan begitu kegiatan tersebut dapat mendukung anak yang dapat mengendalikan tekanan yang mereka terapkan saat menyusun Lego.

2. Dapat meningkatkan kreativitas anak

Kreativitas pada anak akan secara otomatis meningkat ketika mereka harus menyusun sebuah bentuk dari banyaknya potongan nego yang memiliki berbeda warna serta ukuran. Pada saat itulah imajinasi serta kreativitas pada anak dikembangkan tanpa batas sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Pada situasi tersebut tidak ada yang benar ataupun salah. Jadi anak-anak bisa mengeksplorasi kreativitas tanpa takut gagal.

3. Dapat mengajarkan anak untuk memecahkan masalah ah dan pemikiran yang matematis

Ketika anak mengikuti instruksi untuk merakit Lego ke suatu bentuk memiliki banyak manfaat untuk melatih mereka dalam memecahkan masalah. Dengan bermain Lego anak bisa lebih fokus serta memperhatikan detail pada permainan Lego. Hal tersebut dapat memancing ide-ide simetri, keseimbangan, ukuran dan bentuk eksplorasi selama anak bermain Lego.

4. Dapat mengembangkan kegigihan anak

Bermain Lego dapat mengajarkan anak-anak betapa pentingnya fokus saat mengerjakan tugas untuk mewujudkan tujuan mereka. Bukan hanya itu, dengan seiring meningkatnya keterampilan motorik halus, anak-anak bisa membuat kontraksi yang lebih rumit dan dan mengikuti desain yang rumit pula.

5. Dapat mengembangkan berpikir literal serta keterampilan perencanaan anak

Ketika anak-anak mengikuti instruksi bermain Lego bisa jadi sangat menantang buat mereka. Hal ini dapat membantu anak-anak membantu mengembangkan keterampilan serta perencanaan dan juga berpikir secara literal dalam memecahkan masalah yang kompleks. Ketika mereka dihadapkan dengan masalah merakit Lego, secara tidak langsung anak-anak perlu menelusuri kembali langkah-langkah yang harus mereka lakukan dan menganalisis pekerjaan mereka untuk menemukan bagian tertentu yang harus diperbaiki. Dengan begitu lah, anak-anak dapat terlatih Untuk bisa memecahkan suatu masalah secara mandiri yang nantinya akan mereka hadapi.

6. Dapat mendorong kerja tim pada anak

Bermain Lego bisa dilakukan secara grup atau dengan beberapa anggota keluarga lainnya. Melalui mainan Lego itulah anak-anak belajar bagaimana cara berbagi dan bergiliran. Pada saat anak menyusun kontruksi Lego, anak-anak harus menyetujui gagasan umum permainan mereka, serta mengetahui seperti apakah caranya untuk membuat kastil, pesawat atau yang lainnya bersama partner bermainnya. Anak-anak akan mendapatkan pelajaran untuk menegosiasikan peran serta tanggung jawab supaya memiliki pengalaman sosial yang menyenangkan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak-anak ketika bermain Lego. Semoga bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *